Jam digital

Rabu, 23 Desember 2009

FWPJT Gelar Diskusi Interaktif



Pilar NewS Semarang, Forum Wartawan Pemprov Dan DPRD Jawa Tengah (FWPJT) gelar Diskusi interaktif yang bertempat di gedung Pers, 16 Desember 2009 yang lalu. Pramarkarsa Bp. Didik Supratikno dari TV Borobudur. Hadir para Insan Pers dari berbagai Media Elektronik dan media cetak, seperti Pro TV, TVB,TransTV,TPI,RatihTV, jaringan TV, Elshinta, Suara Merdeka dan lain-lain termasuk majalah Pilar NewS yang tergabung didalam Himpunan Insan Pers Seluruh Indonesia (HIPSI) Jawa Tengah.
Hadir pada acara tersebut pembicara dari Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP dan Pascasarjana dari UNDIP Semarang Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin dan KPU Semarang Mohamad Hakim Junaidi. Dan dua kandindat calon Independen Bp. Bambang Husodo dan Bp.jarot.
Dalam diskusi itu mengangkat Topik Peluang dan Tantangan “Calon Independen dalam PILKADA Jateng 2010”.Paparan diskusi diawali dari Ketua KPU semarang Bp. Mohamad Hakim junaidi, beliau memaparkan Mekanisme Pencalonan Pemilihan Walikota & Wakil Walikota Semarang (PILWAKOT) tahun 2010. Tahapan itu diawali dengan pembentukan Panitia Pengawas, Badan Penyelenggara, Pemuktakiran Daftar Pemilih,Pencalonan, Kampaye, Pemungutan suara dan sampai pada penetapan dan pelatikan Calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang.
Menurut beliau langkah awal yang akan dilaksanakan adalah Jadwal Pemutakhiran Daftar Pemilih yang penetapannya berakhir pada 18 Januari 2010 DPT harus sudah ditetapkan. Sedang untuk Bakal calon sendiri berdasarkan UU 12 tahun 2008 yang diusung dari Parpol atau Gabungan Parpol yang dapat 15% kursi DPRD atau Akumulasi suara sah dalam pemilu, kalo diusung oleh sejumlah orang minimal 3 % dari Jumlah Penduduk yang tersebar di 50% Kecamatan. Berdasarkan data dispenduk jumlah penduduk kota semarang adalah 1.692.831 orang.
Sementara itu persyaratan Calon perorangan harus memenuhi kriteria mendapatkan dukungan dari 3 % penduduk semarang yang tersebar dilebih dari 50% kecamatan sekota semarang dan dukungan peduduk itu harus terdaftar sebagai pemilih. Dan dukungan dilampiri dengan KTP, KK, Paspor atau Keterangan Domisili. Dukungan dan lampirannya harus diserahkan ke PPS paling lambat tanggal 30 Januari 2010 dan ini dilakukan Verifikasi administrasi faktual oleh PPS.
Dari perhitungan total penduduk kota semarang yang berjumlah 1.692.831 orang, maka calon perseorangan harus bisa mengumpulkan minimal 50.785 KTP dukungan dari 8 Kecamatan.
Kemudian Pembicara dari Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP dan Pascasarjana dari UNDIP Semarang Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin, menyikapi tentang berbagai survey diberbagai daerah mengenai tantangan yang harus dihadapi oleh calon non parpol atau yang sebut dengan calon Independen. Peluang –peluang banyak berjalan mulus dan berhasil banyak didaerah kabupaten, seperti di Kabupaten Garut, Kabupaten Kubu raya KALBAR, Kabupaten Batubara, SUMUT, karena struktur kepemimpinan daerah masih sangat kuat. Sehingga putra daerah dari calon independen selalu berhasil menduduki sebagai kepala daerah. Hal ini didasari oleh ketidak percayaan masyarakat pada partai politik, sehingga peluang masih terbuka lebar. Sementara dikota semarang masih cukup sulit untuk meloloskan calon independen karena arus partai politik cukup dominan. Tapi tidak menutup kemungkinan beliau mengatakan peluang itu bisa berhasil dengan dilandasi berbagai pemikiran kepercayaan dan daya tarik figure di masyarakat. Dan semua pemilihan baik independen maupun Parpol itu tidak menutup kemungkinan adanya money politik berjalan mulus, dan tidak dipungkiri dari survey beliau 77,6 % orang memilih karena ada embel-embel uang sementara yang simpatisan hanya 9 – 15% saja. Ini membuktikan peluang apapun bisa terjadi. Kita harus mensuport adanya calon independen karena yang kita harapan calon independen lebih mengedepankan rakyat dan tidak ada intervensi dari pihak manapun.
Sementara itu dari kedua kandindat calon independen yang diundang hanya memaparkan program yang berkaitan dengan kelanjutan pembangunan kota semarang. Kita doakan PILWAKOT pada April mendatang berjalan aman, tertib dan Kondusif. Amin..*(tim LAS,Abaz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isikan Pesan dan Komentar anda tentunya tidak mengandung unsur Zara, Fitnah dan perbuatan yang tidak terpuji.